Apa itu Manajemen Pemasaran? Skuy ah Simak

 

Oleh : Alicia 


         Manajemen pemasaran. Konsep pemasaran.ruang lingkup manajemen pemasaran. Tujuan manajemen  pemasaran.kesuksesan finansial  sering  bergantung  pada  kemampuan  pemasaran.Manajemen pemasaran adalah penganalisisan,perencanaan,pembimbingan/ pengarahan,pelaksanaan,pengawasan yang menimbulkan pertukaran untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen dengan tujuan saling menguntungkan dan menjadikan pasar sebagai sasaran/sarana yang potensial. Konsep inti pemasaran :Kebutuhan,keinginan dan Permintaan. 10 tipe entitas barang yang dipasarkan orang-orang pemasaran yaitu :barang,jasa acara,pengalaman,orang,tempat,properti (hak kepemilikan),organisasi,informasi,dan ide.permintaan negative. Permintaan yang tidak ada.permintaan laten.permintaan yang menurun.permintaan yang tidak teratur.permintaan yang penuh. Tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah terjadinya kontinuitas antara permintan dan penawaran.

    Pemasaran adalah usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi.Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen.perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian,maka segala aktivitas perusahaan,harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.


        Pembahasan merupakan factor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya.Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing consept ). Konsep pemasaran tersebut    dibuat dengan menggunakan tiga factor dasar yaitu :

1.  Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/pasar

2.  Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan,dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.

3.  Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.

       Menurut Swastha dan Irawan,(2005 : 10) mendefinisikan konsep pemasaran sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan. Bagian pemasaran pada suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting dalam rangka mencapai besarnya volume penjualan yang diinginkan berarti kinerja bagian pemasaran dalam memperkenalkan produk telah berjalan dengan benar. Penjualan dan pemasaran sering dianggap sama tetapi sebenarnya berbeda.

         Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba,atau dapat diartikan sebagi perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan.Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik,kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya .Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu,setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan, Berdasarkan  penjelasan  dari  T.Hani  Handoko  (1984  :4),ada  tiga  alas  an  utama  mengapa manajemen diperlukan :

1. Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
2. BerikutnyaBerikutnya, Manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara  tujuan-tujuan, sasaran, dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi. 
3. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi. 

       Sebuah bisnis yang sedang berkembang membutuhkan manajemen dalam beberapa hal mencakup manajemen strategi,manajemen sumber daya manusia,produksi,marketing dan manajemen lainnya.Bisnis yang dibangun tidak berdasarkan manajemen yang dikelola dengan benar dapat berakibat pada ketidakteraturan bisnis yang dijalankan.

     Terdapat tiga hal unsur-unsur yang penting dalam manajemen pemasaran yaitu:

1. Orientasi pada Konsumen atau pembeli

       Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.Konsummen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis.tentu proses marketing aatau penjualan dalam konsep pemasaran sebagai prioritas utama

  2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan pemasaran Secara Menyeluruh
 
        Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh dari segala keperluan agar mempermudah proses pemelaksanaan dan pengawasan .

3.  Kepuasan Konsumen

         Hal ini menjadi perhatian utama dalam menyusun strategi pemasran. Bagusnya manajemen pemasaran ketika menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan konsumen tidak hanya diukkur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan,tetapi bagaimana cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan.

      Tugas manajer pemasaran biss ditinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran,yaitu bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan untuk dapat merubah sumber daya menjadi produ yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen,tugasnya diantaranya seperti berikut 

• Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dan konsumen.
• Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang       ditunjukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen           atau pasar.
• Membuat desain produk dan mengembangkan                       pembungkusan maupun merk.
• Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak
• Mengatur didtribusi dan memeriksa penjualan.
• Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik,dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.

         Jadi dapat saya simpulkan bahwa manjemen pemasaran sangat penting bagi perusahaan- perusahaan karena,dalam suatu perusahaan peran pemsaran itu sangat dibutuhkan,karena pemasaran merupakan proses manajerial dan social sekaligius,ada beberapa peranan penting di dalamnya,yang tidak hanya bertujuan untuk mengambil untung dari penjualan sebuah produk barang atau jasa,melainkan juga memenuhi kebutuhan konsumen melalui penawaran,permintaan,dan pertukaran nilai sebuah produk yang dihasilkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Populer tentang Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Iklan Media Cetak atau Digital Terbaru

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM MEDIA CETAK

Bagaimanakah perkembangan Bahasa Indonesia dari Masa ke Masa ?