Apa itu Manajemen Pemasaran? Skuy ah Simak
Manajemen pemasaran. Konsep pemasaran.ruang lingkup manajemen pemasaran. Tujuan manajemen pemasaran.kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran.Manajemen pemasaran adalah penganalisisan,perencanaan,pembimbingan/ pengarahan,pelaksanaan,pengawasan yang menimbulkan pertukaran untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen dengan tujuan saling menguntungkan dan menjadikan pasar sebagai sasaran/sarana yang potensial. Konsep inti pemasaran :Kebutuhan,keinginan dan Permintaan. 10 tipe entitas barang yang dipasarkan orang-orang pemasaran yaitu :barang,jasa acara,pengalaman,orang,tempat,properti (hak kepemilikan),organisasi,informasi,dan ide.permintaan negative. Permintaan yang tidak ada.permintaan laten.permintaan yang menurun.permintaan yang tidak teratur.permintaan yang penuh. Tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah terjadinya kontinuitas antara permintan dan penawaran.
Pemasaran adalah usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi.Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen.perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian,maka segala aktivitas perusahaan,harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
Pembahasan merupakan factor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya.Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing consept ). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga factor dasar yaitu :
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/pasar
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan,dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Menurut Swastha dan Irawan,(2005 : 10) mendefinisikan konsep pemasaran sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan. Bagian pemasaran pada suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting dalam rangka mencapai besarnya volume penjualan yang diinginkan berarti kinerja bagian pemasaran dalam memperkenalkan produk telah berjalan dengan benar. Penjualan dan pemasaran sering dianggap sama tetapi sebenarnya berbeda.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba,atau dapat diartikan sebagi perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan.Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik,kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya .Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu,setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan, Berdasarkan penjelasan dari T.Hani Handoko (1984 :4),ada tiga alas an utama mengapa manajemen diperlukan :
Komentar
Posting Komentar